Selasa, 17 April 2012

Zaman Batu Madya (Mesolitikum)



Zaman Batu Madya (mesolitikum) merupakan kelanjutan dari zaman batu tua(paleolitikum) yang ada ribuan tahun yang lalu.
 
Manusia pendukung

    Pendukung kebudayaan Mesolithikum adalahmanusia dari ras Papua-Melanesoid. Hal initerbukti dengan ditemukannya fosil-fosil manusiaras Papua Melanesoid,baik pada kebuyaan tulangsampung maupun dibukit-bukit kerang di Sumatra.Pendukung kebudayaan Toala menurut Sarasindiperkirakan adalah nenek moyang orang sukuToala sekarang yang merupakan keturunan orangWedda dari Srilangka ( Ras Weddoid )


 Ekonomi

     Sebagian manusia dari zaman mesolithikum inimasih tetap berburu,mengumpulkan makanan dansudah mulai bercocok tanam secara sederhana ( yang mereka tanam adalah umbi-umbian ). Bagimereka yang hidup didaerah pesisir mencarimakan dengan cara menangkap ikan dan siput.Mereka menggunakan batu untuk memotong ( pisaubatu ). Sebagian dari mereka sudah mulaimenjinakkan hewan untuk diternak dan sudah bisamenangkap hewan untuk bertahan hidup


 a. Kebudayaan Pabble

 1. Kjoken moddinger (sampah dapur)Kjokken moddinger adalah timbunan/tumpukankulit kerang dan siput yang mencapai ketinggian ±7 meter dan sudah membatu/menjadi fosil.Kjokken moddinger adalah istilah yang berasaldari bahasa Denmark yaitu kjokken berarti dapurdan modding berarti sampah. Ditemukandisepanjang pantai timur Sumatra yakni antaraLangsa dan Medan.

2. Pebble (kapak genggam Sumatra =Sumateralith)Tahun 1925,Dr. P. V. Van Stein Callenfelsmelakukan penelitian di bukit kerang tersebut danhasilnya menemukan kapak genggam. Kapakgenggam yang ditemukan di dalam bukit kerangtersebut dinamakan dengan pebble/kapakgenggam Sumatra (Sumatralith) sesuai denganlokasi penemuannya yaitu di pulau Sumatra.Bahan-bahan untuk membuat kapak tersebut berasalbatu kali yang di pecah-pecah.

3. Hachecourt (kapak pendek)Selain pebble yang yang diketemukan dalam bukitkerang, juga ditemukan sejenis kapak tetapibentuknya pendek (setengah lingkaran) yangdisebut dengan hachecourt/kapak pendek. Carapenggunaannya dengan menggenggam.

 4. Pipisan. Selain kapak-kapak yang ditemukan dalam bukitkerang, juga ditemukan pipisan (batu-batupenggiling beserta landasannya. Batu pipisan selaindipergunakan untuk menggiling makanan jugadipergunakan untuk menghaluskan cat merah.Bahan cat merah berasal dari tanah merah. Catmerah diperkirakan digunakan untuk keperluanagama/untuk ilmu sihir.


b. Kebudayaan Bone
Diantara alat-alat kehidupan yang ditemukan diGoa daerah Ponorogo Jawa Timur, ditemukan alat-alat dari batu dan dari tulang. Oleh para arkeologdisebut sebagai sampung BoneCulture/kebudayaan tulang dari Bone.
c. Kebudayaan Flakes
Abris Sous Roche (Gua tempat tinggal)Abris Sous Roche adalah goa yang dijadikantempat tinggal manusia purba pada zamanMesolithikum dan berfungsi sebagai tempatperlindungan dari cuaca dan binatang buas.Kebudayaan Toala, berupa flakes dan pebbleFlakes dan ujung panah dari batu indah
d. Kebudayaan Bac Son-Hoa Bihn
Kebudayaan pebble dan perunggu
Posted By: Tomas Dewantoro

Zaman Batu Madya (Mesolitikum)

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

1 komentar:

  1. Pengertian ttg paleolitikum itu apa ? dan zaman kehidupannya kyk gmana? Thx

    BalasHapus

Follow Us

About Us

Advertisment

Like Us

© DUNIA FUN All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates Published.. Blogger Templates